Mencari Pinjaman Modal untuk Membuka Usaha

Mencari Pinjaman Modal untuk Membuka Usaha - Assalamu’alaikum Wr. Wb. perkenalkan nama saya Shanti dari Semarang, saya merupakan pekerja swasta dengan penghasilan pas-pasan bahkan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup. Untuk menyiasati hal tersebut saya berkeinginan membuka usaha kecil-kecilan berupa warung makan sederhana. Karena kebetulan rumah saya berada di pinggir jalan raya.

Namun saya masih terbentur masalah keuangan alias modal untuk memulai usaha tersebut. Kemarin sih sempat berkunjung ke bank BRI untuk menanyakan kredit usaha rakyat (KUR BRI) namun ternyata untuk meminjam dana KUR syarat utamanya usaha yang akan dibiayai sudah berjalan minimal 6 bulan. Yang mau saya tanyakan bagaimana caranya agar saya bisa mendapatkan modal untuk membuka usaha? Perbankan manakah yang bisa memberikan Pinjaman Modal Untuk Membuka Usaha?

Wa’alaikum salah Wr. Wb. Ibu Shanti di Semarang, sebelumnya kami sampaikan terimakasih atas kepercayaan Ibu terhadapat forum tanya jawab ini.

mencari-pinjaman-modal-untuk-membuka-usaha

Pada dasarnya setiap orang memiliki keinginan mandiri serta terlepas dari beban pekerjaan yang dirasa tidak sesuai antara hak dan kewajiban. Terlebih pada dekade ini kesenjangan ekonomi di Indonesia sangat terlihat dengan jelas. Salah satu penyebab kesenjangan ekonomi di Indonesia yakni tidak meratanya nilai upah bagi tenaga kerja antara satu perusahan dengan perusahaan lain. Sementara disisi lain pemerintah tidak bisa berbuat terlalu banyak dalam memberikan kebijakan terhadap Upah Minimum bagi tenaga kerja.

Tak heran jika saat ini para pekerja swasta di Indonesia termasuk Ibu Shanti yang merasa pendapatan bulanannya tidak bisa memenuhi kebutuhan berkeinginan untuk memulai peruntungan baru dengan membuka usaha secara mandiri. Keinginan yang dimiliki oleh Ibu Shanti termasuk wajar dan sangat kami acungi jempol, terlebih Ibu Shanti berani keluar dari zona aman dan memutuskan untuk membuka usaha.

Pinjaman Modal untuk Membuka Usaha

Modal usaha memang menjadi salah satu kendala bagi para pemula dalam membuka usaha. Namun demikian permasalah modal ini jangan dijadikan sebagai masalah yang serius, bahkan kita bisa mengukur seberapa seriuskah kita dalam memulai usaha dari pandangan kita terhadap modal kerja. Karena apa? Karena jika dalam hati kita masih ragu terhadap tindakan yang akan kita lakukan jangankan terbentur masalah permodalan, orang yang notabenya memiliki modal sekalipun masih akan berfikir dan takut kalau-kalau tidak memiliki pendapatan jika ia berhenti bekerja dan memutuskan untuk berwiraswasta. Maka dari itu selain mempersiapkan financial atau modal, tekad dan motivasi juga kita butuhkan dalam setiap tindakan termasuk dalam upaya membuka usaha sekecil apapun.

Perihal pinjaman modal dari perbankan untuk membuka usaha Ibu Shanti dapat memilih beberapa produk kredit yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai solusi pendanaan usaha tersebut.

1. Kredit Multi Guna

Dalam kasus Ibu Shanti yang ingin mengajukan pinjaman modal untuk membuka usaha memang tidak termasuk dari ranah kredit usaha rakyat (KUR). Karena memang benar program KUR diperuntukkan bagi masyarakat yang telah memiliki usaha berjalan setidaknya selama 6 bulan. Untuk itu memilih kredit multi guna menjadi salah satu solusi yang bisa Ibu Shanti pilih dalam mencari modal kerja.
Perlu kita ketahui sebelumnya bahwa jenis kredit multi guna biasanya membutuhkan jaminan aset dari debitur entah itu berupa tanah dan bangunan, maupun berupa surat kendaraan bermotor tergantung dari nominal pinjaman yang Ibu butuhkan. Biasanya perbankan dapat menyetujui kredit dengan nominal senilai 70 hingga 80 persen dari perkiraan harga aset yang dijaminkan.

Jika Ibu Shanti memiliki aset yang dapat dijadikan sebagai jaminan seperti sertifikat tanah dan rumah tidak ada salahnya menggunakan layanan kredit multi guna sebagai solusi pinjaman modal untuk membuka usaha.

2. Kredit Tanpa Agunan

Jika dalam kasusnya Ibu Shanti tidak memiliki aset yang bisa dijadikan sebagai agunan memilih kredit tanpa agunan seperti KTA Mandiri maupun KTA BCA menjadi solusi yang lebih tepat. Pasalnya dalam pengajuan pinjaman melalui produk KTA ini tidak ada syarat jaminan yang dibutuhkan. Namun demikian perlu kita pahami pula jika jenis kredit ini memiliki tingkat suku bunga yang lebih tinggi serta syarat kepemilikan kartu kredit.

Jika Anda berkeinginan untuk tetap mengakses kredit usaha rakyat (KUR) sebenarnya masih ada solusi dimana Ibu Shanti terlebih dahulu membuka usaha nya secara lebih sederhana kemudian mencoba mengajukan pinjaman melalui program KUR mikro baik di Bank BRI, BNI, maupun Mandiri. Kami rasa jika usaha yang ibu inginkan telah benar-benar berjalan pihak bank akan membantu dan mempermudah persyaratan dalam mengajukan pinjaman.

Demikian yang dapat kami sampaikan perihal pertanyaan Ibu Shanti di Semarang yang sedang Mencari Pinjaman Modal untuk Membuka Usaha. Informasi yang pernah kami dapatkan di wilayah semarang sebenarnya Ibu Shanti bisa mengakses produk kredit Bank Jateng yang diperuntukan bagi wiraswasta di wilayah Jawa Tengah. Salam sukses selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel