Pengertian kredit usaha Rakyat (KUR)

Kredit usaha rakyat adalah suatu program pemberdayaan cetusan pemerintah Indonesia di bidang pengentasan dan penanggulangan kemiskinan dengan basis pemberdayaan pelaku UMKM. Tujuan utama program KUR yakni memberikan jalan bagi para pelaku usaha skala Mikro dan Kecil untuk mendapatkan tambahan modal kerja.

Program yang banyak diminati oleh masyarakat Indonesia ini merupakan skema kredit produktif bagi pelaku UMKM yang memiliki kendala dalam pengembangan usahanya khususnya dalam hal permodalan di lain sisi usaha tersebut belum memiliki kepercayaan sepenuhnya untuk mengajukan kredit modal kerja di sektor perbankan. Tak heran jika pemerintah memberikan keringan khususnya dalam syarat mengajukan kredit usaha rakyat.

pengertian-kredit-usaha-rakyat-kur

Dari pengertian kredit usaha rakyat di atas dapat kita simpulkan bahwa program tersebut merupakan usaha pemerintah Indonesia dalam menanggulangi kemiskinan sekaligus memberikan akses permodalan bagi UMKM dalam negeri agar tetap bertahan dan berkembang di tengah berkembangnya perusahaan raksasa di Indonesia. (Baca Juga KUR BRI 2019 Tanpa Agunan).

Lebih spesifik lagi KUR adalah program kredit dengan nilai pinjaman tidak lebih dari Rp 500 Juta. Pemerintah bersama lembaga penjamin keuangan serta perbankan bersama-sama mewujudkan program pro rakyat tersebut dengan skema pinjaman berbasis subsidi suku bunga.

Untuk tahun 2019 sendiri pemerintah Indonesia mengalokasikan dana sebesar Rp 12,2 Triliun untuk mensukseskan program KUR 2019. Sesuai rencananya dana tersebut dialokasikan untuk 3 jenis KUR yakni KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR penempatan TKI.

Subsidi Suku Bunga

Sebagaimana yang telah kita sampaikan di atas, selain memberikan kemudahan bagi pelaku UMKM di Indonesi melalui program kredit usaha rakyat (KUR) ini pula pemerintah memberikan subsidi suku bunga.

Jika kita lihat perkembangannya dari tahun ke tahun pemerintah Indonesia benar-benar memperhatikan usaha mikro di Indonesia, salah satunya tertuang dalam subsidi suku bunga KUR dari tahun 2014 yang mencapai 22 persen turun pada tahun 2015 menjadi 12 persen hingga tahun 2017 hingga saat ini pemerintah kembali memberikan subsidi suku bunga sehingga suku bunga KUR terpangkas jadi 7 persen per tahun.Tak heran jika di tahun ini pemerintah mengeluarkan dana lebih besar guna memberikan subsidi suku bunga KUR. (Baca Juga: Pinjaman Bank BRI 2019 Syarat dan Pengajuan Mudah).

Untuk itu bagi para pelaku UMKM di seluruh Indonesia kami sarankan untuk memanfaatkan momentum ini sebaik-baiknya dalam mencari tambahan modal usaha yang telah berjalan. Anda bisa melakukan pengajuan kredit usaha rakyat melalui perbankan penyalur, di antara perbankan penyalur KUR terdapat 3 perbankan nasional yang mendapat jatah dana KUR terbesar di tahun ini ketiga Bank tersebut yakni Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Mandiri.

Demikian sedikit ulasan mengenai pengertian kredit usaha rakyat (KUR) yang dapat kita sampaikan. Semoga dapat memberikan informasi dasar bagi kita semua sekaligus memotivasi kita untuk tetap berkarya dan berusaha semaksimal mungkin demi terciptanya kesejahteraan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel