Kredit Usaha Rakyat (KUR) BRI 2018 Tanpa Agunan

Selamat siang Mbak Melisa, saya merupakan salah satu pelaku usaha kecil dengan modal pas-pasan dan ingin mendapatkan KUR BRI 2018 Tanpa Agunan. Kemarin sewaktu saya melakukan setoran ke BRI saya sempat menanyakan ke pihak teller mengenai kredit usaha rakyat yang katanya merupakan program pemerintah dengan bunga 9 persen. Yang ingin saya tanyakan apakah mungkin KUR BRI bisa diajukan tanpa menggunakan agunan untuk pinjaman Rp 50 Juta? Karena saya tidak memiliki aset yang bisa dijadikan jaminan. Terimakasih.

Selamat siang juga Mas Raif di Pemalang, terimakasih telah menggunakan layanan tanya jawab www.pinjamantanpajaminan.com.

Kredit usaha rakyat memang merupakan program pemerintah dalam upaya mengembangkan usaha kecil mikro dan menengah atau UMKM di Indonesia. Bentuk dari program itu sendiri sebenarnya merupakan subsidi suku bunga sehingga suku bunga yang diberlakukan dalam Kredit Usaha Rakyat tergolong ringan yakni 9 persen per tahun atau 0,4 persen per bulan.
kur bri tanpa agunan 208/ 2019

Tahun 2018 ini Bank Rakyat Indonesia atau BRI merupakan perbankan yang paling banyak mendapatkan jatah dana KUR dari pemerintah dengan nominal lebih dari Rp 67 Triliun untuk 3 jenis KUR yaitu KUR Mikro, KUR Ritel, dan KUR TKI.

Sebagaiaman yang Mas Raif tanyakan di atas perihal KUR BRI tanpa agunan, menurut informasi dan peraturan perbankan, tiap debitur yang melakukan pengajuan pinjaman di atas Rp 25 Juta diwajibkan untuk menjaminkan aset baik berupa sertifikat tanah, BPKB kendaraan bermotor, maupun aset usaha itu sendiri. Hal ini dialakukan untuk mengikat nasabah (debitur) agar lebih tertib dan bijaksana dalam melakukan angsuran bulanan. Dilain sisi pihak bank juga ingin meminimalisir resiko yang ada karena program KUR sendiri merupakan program pemerintah untuk memberikan subsidi suku bunga kredit sehingga uang yang dipinjamkan kepada debitur murni merupakan dana dari perbankan yang bersangkutan.

Saran kami pada Mas Raif sebaiknya Anda menanyakan langsung mengenai pertanyaan tersebut pada petugas Bank BRI khusus divisi KUR di wilayah Pemalang sehingga mendapatkan gambaran yang jelas. Menurut informasi yang kami terima beberapa debitur bisa saja mengajukan KUR BRI dengan agunan yang nilainya tidak terlalu tinggi bahkan jauh di bawah jumlah pinjaman yang mereka terima.

Kami rasa pihak Bank akan memberikan keringanan terhadap persoalan yang Anda hadapi jika usaha yang Anda ajukan benar-benar memiliki prospek bagus ke depannya. Jangan pantang menyerah dan tanyakan alternatif pilihan pada petugas BRI, Alternatif lain Anda bisa mengajukan dengan nominal di bawah Rp 25 Juta sehingga tidak memerlukan jaminan. Demikian jawaban atas pertanyaan yang Mas Raif ajukan semoga dapat memberi informasi mengenai KUR BRI 2018 tanpa agunan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel