Informasi Pengajuan Kredit Perbankan Mulai Kredit Tanpa Agunan Hingga Pinjaman Modal Usaha

Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Pemerintah, dan Perbankan

Advertisement
Advertisement
Mbak Apa sih sebenarnya manfaat kredit bagi kita? Bukanya setiap debitur wajib mengembalikan uang pinjaman ditambah dengan sejumlah bunga dari nominal pinjaman tersebut? Lalu kita itu diuntungkan dimana?

Terimakasih Mbak Yunita di Bandung atas pertanyaannya. Sebenarnya manfaat kredit bagi masyarakat sangat banyak mbak, karena kredit tidak sekedar terpaku dalam penggunaan secara konsumtif saja.

Pada dasarnya layanan kredit dari suatu perbankan seperti BRI, BNI, Bank Mandiri, Bank BCA, dan lain sebagainya lebih ke arah pinjaman produktif dimana akan menimbulkan keuntungan bagi kedua belah pihak yakni bagi perbankan selaku kreditur serta bagi masyarakat selaku debitur atau penerima jasa pinjaman uang. Untuk lebih jelasnya keuntungan atau manfaat kredit dapat kita bagi menjadi 4 yakni manfaatnya bagi Pemerintah, bagi debitur, bagi perbankan, serta manfaatnya bagi masyarakat luas.

Manfaat Bagi Pemerintah dan Masyarakat

manfaat-kredit-bagi-masyarakat
Pemerintah Indonesia dari tahun ke tahun senantiasa mengeluarkan kebijakan baru dalam menggenjot dan meningkatkan permintaan kredit masyarakat. Hal ini dilakukan tentu saja bukan tanpa alasan melain untuk meningkatkan daya beli serta pertumbuhan perekonomian di sektor riil. Secara umum manfaat kredit bagi pemerintah dapat kita ringkas sebagai berikut.
  • Mengurangi tingkat pengangguran dan kemiskinan karena melalui kredit dapat tercipta suatu lapangan pekerjaan serta kesempatan bagi masyarakat luas dalam menciptakan suatu usaha.
  • Meningkatkan pemasukan negara dari segi pajak baik dari perbankan (pemberi kredit) itu sendiri maupun dari perusahaan yang menggunakan jasa layanan pinjaman.

Manfaatnya Bagi Perbankan

Pasti sebelumnya Mbak Yunita juga mengetahui jika manfaat kredit ini sangat besar bagi suatu perbankan dimana perusahaan jasa keuangan tersebut mencari keuntungan dari layanan yang mereka berikan kepada nasabah khususnya dari debitur.
Simak Juga Pertanyaan Tentang: KUR BRI Tanpa Agunan
Secara singkat manfaat kerdit bagi perbankan dapat kita meningkatkan pendapatan perbankan dari timbal balik berupa suku bunga yang wajib dibayarkan oleh debitur. Selain itu pendapatan juga bisa didapatkan dari jasa lain seperti biaya administrasi, biaya provisi, biaya keterlambatan, dan lain sebagainya.

Manfaat Bagi Debitur

Nah yang satu ini yang perlu digaris bawahi sama Mbak Yunita, sebenarnya peran jasa kredit baik tunai maupun non tunai dari pihak Bank itu sangat beragam manfaatnya bagi kita dengan tanda kutip kita dapat memanfaatkannya sebaik mungkin. Kenapa saya bilang sebaik mungkin? Karena jika jasa kredit apapun bentuknya kita manfaatkan tanpa adanya pengetahuan yang cukup bisa-bisa justru akan menjadi boomerang bagi kita sendiri.

Lebih-lebih bagi kalangan wiraswasta, jasa kredit sangat memberikan pengaruh signifikan terhadap keberlangsungan serta perkembangan usaha yang mereka geluti.  Kredit bermanfaat untuk pengembangan usaha dimana dana kredit dapat dimanfaatkan guna meningkatkan produksi suatu usaha mulai dari penyediaan bahan mentah, peremajaan mesin produksi, hingga untuk melakukan pembayaran piutang.

Demikian Mbak Yunita jawaban atas pertanyaan yang Anda ajukan, semoga dengan memahami manfaat kredit bagi masyarakat, pemerintah dan perbankan di atas Anda tidak lagi terperangkap dengan menganggap bahwa kredit sekedar layananan pinjaman untuk keperluan konsumtif semata.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Manfaat Kredit Bagi Masyarakat, Pemerintah, dan Perbankan

0 comments:

Post a Comment