Informasi Pengajuan Kredit Perbankan Mulai Kredit Tanpa Agunan Hingga Pinjaman Modal Usaha

Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Bank BTN Cepat Cair Maksimal 14 Hari

Advertisement
Advertisement
Butuh pinjaman besar untuk keperluan keluarga? Jangan khuatir, Bank BTN bisa kita jadikan sebagai salah satu pilihan dalam mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah. Salah satu produk BTN ini dapat kita ajukan dengan plafon fleksibel sesuai kebutuhan yang kita perlukan.

Namun demikian perlu kita pahami jika nilai rumah yang kita jadikan agunan wajib memenuhi syarat dalam verifikasi kredit, setidaknya nilai dari rumah yang kita jaminkan sebesar 110% dari total pinjaman yang kita ajukan. Dengan kata lain Bank BTN dapat menyetujui jumlah kredit yang kita terima sebesar 80 – 90 persen dari nilai rumah yang kita jaminkan. Untuk lebih jelasnya bisa kita kasih contoh seperi berikut: Calon debitur mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah dimana harga rumah tersebut ditaksir senilai Rp 400 Juta. Maka calon debitur bisa mengajukan kredit melalui Bank BTN dengan nilai maksimal Rp 360 Juta atau setara dengan 90% dari harga rumah yang dijaminkan.

Lhah nanti kalau rumah saya jadikan jaminan terus saya sama keluarga mau tinggal dimana? Bukan begitu boss, salah jika Anda berfikiran seperti itu karena pinjaman dengan jaminan rumah yang dimaksud disini sekedar menjaminkan sertifikat rumah saja. Jadi Anda dan keluarga tetap memiliki serta tetap berhak atas rumah yang sertifikatnya digadaikan ke Bank tersebut bisa tetap Anda tempati bersama keluarga.

Syarat Pengajuan

pinjaman-dengan-jaminan-sertifikat-rumah-bank-btn
Layaknya pinjaman jenis lain seperti KTA BCA, dalam setiap pengajuan kredit di perbankan tentunya memiliki ketentuan dan persyaratan. Demikian pula bagi calon debitur yang ingin mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di Bank BTN wajib memenuhi ketentuan dan persyaratan. Adapun ketentuan bagi nasabah yang ingin melakukan pengajuan kredit melalui Bank Tabungan Negara dapat kita simak di bawah ini.
  • Calon debitur merupakan warga negara Indonesia dan tinggal menetap di wilayah kerja Bank BTN.
  • Calon debitur memenuhi kriteria usia untuk mendapatkan pinjaman uang yakni berusia di miniml 21 tahun dan maksimal 65 tahun pada saat angsuran kredit terakhir.
  • Calon debitur memiliki pendapatan tetap minimal Rp 4 Juta per bulan baik berstatus sebagai karyawa, pengusaha, maupun kalangan pofesional seperti dokter praktek dan bidan.
  • Calon debitur yang mengajukan merupakan warga negara yang taat hukum serta memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) bagi pengajuan di atas Rp 100 Juta.
Jika Anda memenuhi kriteria umum di atas berhak untuk mengajukan kredit dengan agunan sertifikat rumah melalui BTN dengan persyaratan dokumen seperti di bawah ini.
  • Identitas diri dan keluarga berupa Fotokopi Kartu Tanda Penduduk pemohon dan pasangan, Fotokopi C1, Fotokopi surat nikah, dan Pas foto terbaru baik dari pemohon maupun pasangannya berlaku bagi semua kalangan calon debitur.
  • Surat pernyataan pendapatan yang dapat dibuktikan dengan slip gaji bagi kalangan pekerja atau karyawan, dan surat keterangan penghasila bagi calon debitur yang berstatus sebagai wiraswasta maupun perofesional.
  • Bukti pengangkatan pegawai tetap berlaku bagi calon debitur berstatus sebagai karyawan, sementara untuk kalangan profesional dan wiraswasta dapat digantikan dengan bukti legalitas usaha baik akta pendirian perusahaan maupun surat ijin praktek.
  • Untuk keperluan pencairan dana calon debitur juga wajib menyertakan fotokopi buku tabungan baik dari Bank BTN maupun perbankan lain.
  • Fotokopi Surat Hak Milik dan SHGB serta IMB dari rumah yang akan dijadikan sebagai jaminan kredit.
Dalam proses pengajuannya dokumen di atas dapat kita sertakan pada saat pengisian dan pengumpulan aplikasi permohonan.

Suku Bunga dan Plafon Pinjaman

Secara umum suku bunga kredit dengan jaminan sertifikat rumah di Bank BTN sebesar 12,5% hingga 13,5% per tahunnya. Lebih rincinya pemberlakuan suku bunga dapat dilihat seperi berikut.
  1. Suku bunga sebesar 12,5% berlaku bagi debitur dengan jumlah pinjaman lebih dari Rp 300 Juta.
  2. Suku bunga sebesar 13% dikenakan bagi pengajuan kredit dengan nilai pinjaman antara Rp 100 Juta hingga Rp 300 Juta.
  3. Suku bunga sebesar 13,5% berlaku dalam pengajuan pinjaman antara Rp 50 Juta hingga Rp 100 Juta.
Ketiga pengelompokan suku bunga di atas berlaku secara umum dengan tenor pinjaman antara 1 tahun hingga 10 tahun.

Informasi Biaya

Ya, selain suku bunga Anda juga wajib mempertimbangkan biaya yang dikenakan bagi debitur baik dalam proses pengajuan maupun proses anguran. Berikut informasi biaya yang akan dikenakan bagi debitur.

Dalam pengajuan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di Bank BTN debitur dikenakan biaya sebesar 7% dari nilai kredit yang disetujui. Biaya ini digunakan untuk kepentingan administrasi, asuransi jiwa dan kebakaran rumah yang dijadikan sebagai agunan.
  • Biaya materai Rp 6.000 sejumlah kebutuhan.
  • Biaya provisi sebesar 1% dikenakan dari total kredit yang disetujui oleh pihak Bank pada saat pencairan pinjaman.
  • Biaya penalti pelunasan dipercepat sebasar 1% dari jumlah cicilan kredit yang bayarkan sebelum waktunya.
  • Biaya keterlambatan sebesar 1,5% dari angsuran yang terlambat dibayarkan.
Beberapa biaya di atas merupakan biaya wajib dan biaya yang mungkin timbul pada saat proses angsuran pinjaman berjalan.

F.A.Q

Berapa lama aplikasi pengajuan saya akan disetujui?
Pada umumnya para petugas Bank BTN akan selalu siap memberikan pelayanan termasuk proses verifikasi aplikasi Anda. Namun demikian mayoritas pengajuan dapat dilihat hasilnya dalam waktu 7 hingga 14 hari kerja tergantung dari jumlah nasabah yang melakukan permohonan serupa.

Apakah saya bisa menjaminkan sertifikat rumah atas nama orang tua saya?
Tidak, sertifikat yang diakui sebagai agunan harus atas nama pemohon. Dengan kata lain nama debitur harus sesuai dengan nama yang tertera pada agunan. Hal ini wajib dan mutlak karena sifatnya pribadi.

Apakah saya bisa mengajukan pinjaman dengan jaminan sertifikat rumah di bank BTN secara Online?
Ya, Debitur dapat mengajukan kredit melalui situs online yang menjadi partner resmi Bank Tabungan Negara. Namun demikian Anda perlu berhati-hati dalam mengajukan pinjaman secara online dengan memastikan jika situs yang Anda kunjungi merupakan situs resmi. Jangan sampai Anda mengajukan melalui spamer yang banyak beredar di dunia maya selama ini.

Dengan memahami dan mencermati ulasan di atas semoga Anda semakin dimudahkan dalam mencari pinjaman melalui bank BTN. Produk pinjaman perbankan selalu diciptakan sebagai solusi keuangan debitur, maka dari itu mengedepankan kewaspadaan serta kehati-hatian menjadi kunci utama dalam setiap tindakan termasuk pengajuan kredit. Anda juga bisa membandingkannya dengan Pinjaman Bank Muamalat.
Advertisement
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Pinjaman dengan Jaminan Sertifikat Rumah di Bank BTN Cepat Cair Maksimal 14 Hari

0 comments:

Post a Comment